Powered By Blogger

Sunday, December 11, 2022

Goresan uneg-uneg

Bila di sekolah Anda tidak ada aturan yang memberikan surat teguran bagi karyawan yang sering datang terlambat, atau tidak ada atasan yang memberikan Anda penghargaan menjadi karyawan terbaik, karena sering tepat waktu, apakah Anda akan tetap datang tepat waktu untuk mengajar murid-murid Anda? 

Dari buah pemikiran pertanyaan ini, saya akhirnya menuangkannya dalam tulisan ini (semoga pimpinan saya tidak membacanya hi hi hi). Beberapa tempat saya bekerja, disiplin inilah yang diutamakan. Aturannya: datang tepat waktu, pulang sesuai waktu yang ditentukan. Tindakan demi tindakan dilakukan untuk mendisiplinkan karyawan yang tidak disiplin waktu agar disiplin. Dan begitu saja. Bahkan ada suatu tempat dimana saya pernah bekerja yang nampak cuma "hobi mencari kesalahan" karyawannya saja. Itu yang nampak. Pertanyaannya: apakah lembaga ini dapat bertahan atau di mata masyakarat apakah lembaga ini tetap menjadi lembaga favorit? Iya, untuk saat ini. Secara logika, karyawan yang terjaring dalam sanksi/ peringatan indisipliner pasti akan meninggalkan luka (walaupun dia salah) pada dirinya. Apalagi hingga si karyawan tersebut hingga di putuskan hubungan kerjanya atau paling tidak tindakan "pengasingan" (mutasi dalam bahasa kerennya). Karyawan ini sebelumnya telah berusaha sebaik mungkin melaksanakan tugasnya, berusaha loyal pada pimpinan dan lembaga serta berusaha disiplin terhadap aturan. Karena tersandung satu permasalahan, setumpuk kebaikannya hilang dengan satu tindakan indisiplinernya tadi. Dilema.

...........................................................................................

.................................................................

Ketika saya memutuskan untuk bekerja di suatu lembaga/ instansi berarti saya mesti memiliki prinsip loyalitas. Saya akan berusaha datang dan pulang sesuai dengan waktu yang ditentukan, bekerja sesuai dengan fungsinya dan berusaha menjaga nama baik lembaga/ instansi tempat saya bekerja; sekalipun pimpinan tidak pernah memberikan penghargaan saat ini, saya yakin pimpinan berikutnya akan memberikan penghargaan (hehehe). Tetapi penghargaan tersebut bukan tujuannya. Saya mesti memiliki prinsip "Loyalitas - Profesional" dalam bekerja.

Saya akan selalu berusaha datang sebelum waktu yang ditetapkan (bukan tepat waktu) dan berusaha menjadi teladan bagi murid dan guru lain.

Semoga tidak diasingkan lagi.

0 comments:

Post a Comment