Powered By Blogger

Wednesday, November 21, 2018

Makna TANDA SALIB

TANDA SALIB

Rumusan yang benar adalah:
DALAM NAMA BAPA
DAN PUTERA
DAN ROH KUDUS
AMIN.








Dengan tangan kanan kita, rumusan Tanda Salib diucapkan sambil serta merta menunjuk (menggunakan jari jempol, telunjuk dan jari tengah yang disatukan) pada kening, dada dan pundak kiri dan kanan.

Tanda Salib kita lakukan untuk mengundang Allah Tritunggal untuk datang dan bersemayam di pikiran, hati serta melindungi segala aktivitas yang kita lakukan. Dengan Tanda Salib juga, kita diberkati dalam pikiran, hati dan keberadaan diri kita sepenuhnya.

Dengan tanda Salib kita mengingat kembali secara istimewa hidup, wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dan merupakan tanda kemenangan Kristus atas maut untuk menebus manusia dari dosa.
Dengan tanda salib tubuh dan jiwa kita telah disucikan oleh Allah. Kita membuat tanda salib berarti kita mengundang Allah Tritunggal untuk menjaga, melindungi kita sehingga kita tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak Bapa (misalnya berkata-kata kasar, berbohong, mencuri, memfitnah, membunuh dan hal-hal tidak baik lainnya).

Tanda salib juga merupakan tanda persatuan kita dengan sesama umat Katolik, misalnya jika kita makan di tempat umum, kemudian melihat ada orang membuat tanda salib, kita pasti bilang: Oh, orang itu orang Katolik, dia saudara saya yang seiman. Dengan membuat tanda salib kita juga ikut mengingatkan orang lain untuk selalu berdoa.
Kapan kita membuat tanda salib?
1) Pada saat sebelum dan sesudah kita berdoa.
2) Ketika kita melewati setiap bangunan gereja Katolik, untuk menghormati kehadiran Tuhan Yesus di dalam Tabernakel.
3) Ketika memasuki gereja (membuat tanda salib dengan air suci).
4) Saat-saat sedang menghadapi ketakutan ataupun ketika menerima kabar duka cita (misalnya kabar orang meninggal).
5) Ketika hendak mengusir godaan, ketakutan maupun mengusir pengaruh kuasa jahat.
6) Ketika orang tua (papa mama),  memberkati anak-anaknya, ia dapat menandai anak-anaknya dengan tanda salib di dahi mereka, misalnya sebelum anak-anak berangkat ke sekolah atau sebelum mereka tidur pada waktu malam hari.
8. Saat kita bersyukur atas kabar sukacita dan menang dalam suatu pertandingan.

Setiap kita membuat tanda salib kita mengingat dan menghormati Kristus yang oleh kasih-Nya rela menyerahkan hidup-Nya di kayu salib untuk menebus kita yang berdosa. Maka mulai sekarang, mari kita jadikan Tanda Salib ini sebagai bagian dari hidup kita.
Awali aktivitas dengan Tanda Salib dan doa agar kita selalu diberkati dan dituntun dalam kebaikan sebagaimana yang Yesus ajarkan.
Sumber 1) http://www.imankatolik.or.id/tandasalib.html
Sumber 2) http://www.katolisitas.org/dalamnya-makna-tanda-salib/

0 comments:

Post a Comment